beau jeune homme

Saturday, January 06, 2007

Resignation

sebelum hujan, mega muda menghilang
setelah hujan, kambing keluar kandang

Pertama dulu ketika aku diwawancara staff HRD menyangkut loyalitasku untuk bekerja di perusahaan ini aku agak canggung menjawabnya.

“apa yang membuat kamu bakal tetap bekerja di sini?”
“saya pikir saya menikmati pekerjaan engineering”
“bagaimana bila ada tawaran dari perusahaan lain?”
“saya akan berusaha untuk tetap di sini, saya pikir saya butuh pengalaman dan belajar banyak di sini, dan itu butuh waktu lebih dari beberapa bulan bahkan tahun”
“baguslah kalau begitu, mudah-mudahan kamu betah di sini”
“ya, mudah-mudahan”

Itu sekitar akhir november tahun lalu. Sudah berjalan hampir sebulan aku bekerja di perusahaan ini dan terlibat di dua proyek yang sampai saat ini masih berjalan. Proyek A benar-benar menguras tenaga dan otak. Bekerja bagai single fighter menyelesaikan desain bagian mekanikal dari suatu pabrik. Proyek B tidak terlalu menguras tenaga dan otak karena dikerjakan bertiga, dan jenis pekerjaannya juga ga susah.

Proyek A benar-benar membuatku pusing berat. Tingkat pertanggungjawaban penuh harus dipikul sendirian. Pertanyaan ‘What If....?’ selalu muncul.

“gimana kalo alat ini gagal beroperasi secara efektif?”
“gimana kalo perhitungannya salah?”
“gimana kalo ga bisa kejar deadline?’
“gimana kalo ada yang cedera gara-gara kesalahan desain?”
“siapa yang bakal terusin desain ini kalo aku resign?”

Pertanyaan di atas sangat mungkin bertambah terus. Mungkin sekali. Lewatkan empat pertanyaan pertama, dan masuk ke pertanyaan ke-lima. Tapi aku ga bakal membahas jawabannya. Tapi topiknya, yaitu :

Resign

Kemaren kamis sore, aku ngobrol dengan bang Ramona Jaya Sembiring (M’91), senior engineer ku. Dia udah lima bulan bekerja di perusahaan ini dan udah ada sekitar sepuluh orang yang keluar masuk selama lima bulan itu. Dan yang paling parah ada yang resign setelah hanya hampir sebulan bekerja. Fiuhh. Alhamdulillah, kalopun aku harus resign, aku bukan yang tergila.

Kami (aku dan bang RJ) ngobrolin itu karena jauh di sebelah kiri mejaku ada yang bersiap untuk resign sore itu. Yap, dia teman seangkatanku sendiri di mesin. Wishnu. Kalo dia, udah hampir dua bulan kerja di sini, di bagian technical safety. Ga ada lagi deh teman mail-chat di kantor.

Jangan tanya aku dia pindah kemana karena aku udah janji ke dia ga akan bilang ke orang lain. Jadi jangan tanya aku, kalo mau tanya aja sendiri.

Hereby, i’d like to generate several reasons why people resign. For your acknowledge only.

Pas ngobrol itu bang RJ sempat mengajak aku untuk berwiraswasta mendirikan pabrik etanol. Aku dulu sempat ditawari teman buat sama-sama bikin pabrik kelapa sawit di Medan. Wah asik jg sebenarnya. Mmmmh.

Aku mencoba mengambil sisi positifnya. Ga ada yang salah dengan resign. Tapi resign lah dengan cara yang baik dan benar, sopan dan etis. Seperti yang temanku itu lakukan dan sesuai dengan aturan perusahaan.

Bilang ke atasan dua minggu sebelum resign. Selesaikan pekerjaan yang masih di dalam tanggung jawab kita. Siapkan pengganti, bila ada. Selesaikan urusan administrasi dan logistik dengan perusahaan.

Pada hari H. Beri salam perpisahan dengan semua rekan kerja, atau paling tidak lingkungan kerja terdekat. Dan, traktiran. Kemaren dapat lagi 1 slice pizza dari temanku itu. Another pizza break. Thanks Nu.

Okay. Buat yang resign, Selamat melanjutkan hidup pilihanmu. Semoga sukses.

posted by frilo at 2:05 PM

8 Comments:

jadi giliran lo kapan?


chyllers

3:32 PM  

gua jadi penasaran, waktu disodorin pertanyaan sama HRD “bagaimana bila ada tawaran dari perusahaan lain?”, kira-kira jawaban orang yang resign setelah bekerja selama satu bulan itu apa ya?

jangan2 jawabannya semua 'ngejilat' lagi, hehe.. lu jangan sampe deh..

4:57 PM  

saiia ngerti semua maksud tulisan yang ada di post ini. kecuali dua baris pertama setelah judul.

trus perihal proyek, coba bekerja 90%, jangan 100%, dengan lebih santai, atau 90% itu tadi, biasanya hasil yang didapat bakal lebih memuaskan.. yah, paling nggak itu yang saiia rasain dari pengalaman saiia.

12:45 AM  

Udah lah fril ga usah mikirin si wisnu lagi.. cowo tu emang gitu lagi, gak usah dipikirin lah, masih banyak kok cowok laen yang mau sama lo.. Ntar gw kenalin cowo laen yang lebih macho deh.. (Lho??)

1:30 AM  

kalo ditanyain bgtu pas nglamar kerjaan jwbn dari hati atw jwbn menjilat yg bener yah?
Kalo seneng krjaan di sono ya lanjut,,tp klo ngga seneng gmn dunk? B'arti semoga senang selalu,hoho.
Hati2 lho semakin miopi :P

2:30 PM  

kayanya gw tau deh fril kmn wishnu temen lo itu pindah,,
k U*tuuut* kan?hehehe
waktu itu lo cerita pa,,hohoho ;p

2:50 PM  

@Danang : kapan?ketika tawaran itu ada Nang.Gw mesti siapin masa depan gw.

@Rime : gw ga ngejilat.Gw bilang apa yang sewajarnya aja.Semua orang berhak menentukan langkah hidupnya kan.

@Bodhi: wah, itu mah sederhana.Tanpa perumpamaan apa-apa.

@Jodi : Diam lu.Pake mo ngelamar ke sini pula.Sidang dulu, wisuda dulu. Baru ke sini.Deadline nya 19 Jan.

@..saya.. : jawab yang wajar aja.Dia jg pasti ngertilah emas lebih mahal dari perunggu.Iya nih, mata gw makin minus.Masa liat running text d TV mesti pake kacamata.

@Diannyagw : iye, ke sono.You know lah ya Bu. Bu, pen cerita ke ente ttg die. Hehe.

6:54 AM  

hehehe jadi betah sampe brp taon niy? eh ap brp bulan? eh ap brp minggu? :p

4:48 PM  

Post a Comment

<< Home