beau jeune homme

Tuesday, November 21, 2006

Not Sophisticated But This Is Really A Creative Work

Teringat setahun silam ketika saya masih kuliah, ada dua mata kuliah yang menurut saya berkategori kreatif. Kedua mata kuliah itu adalah Kreativitas, dan Perancangan Untuk Keterbuatan.

Mungkin terdengar seperti mata kuliah yang mudah dan relatif potensial mendapatkan nilai tinggi. Namun sebenarnya tujuan implisit dari keduanya adalah menumbuhkan sisi kreatif dari setiap orang.

Dan benar saja. Semua orang berusaha menampilkan hasil pemikiran kreatif. Mungkin ga etis bila saya harus menampilkan hasil rancangan mereka karena mereka sendiri pun tidak menayangkannya ke publik.

Sebagai catatan, kebanyakan dari mereka tidak memberikan sesuatu yang cukup canggih hingga membuat kita terkesima. Namun apa yang dihadirkan adalah sesuatu yang sederhana tapi masih tetap membuat kita berdecak kagum.

Berhubung saya tidak menampilkan karya kreatif tersebut (saya juga tidak menampilkan milik saya karena itu hasil kerja tim), maka saya akan menampilkan hasil kerja seseorang yang telah ditayangkannya untuk publik. Silahkan dilihat.

Terlihat biasa saja?Mungkin iya. Tapi bagi saya tidak. Meja ini menebus semua masalah yang ada akibat ruwetnya sistem perkabelan alat-alat elektronik dan komputer yang diletakkan di atasnya. Memang ada solusi seperti penggunaan kawat lunak untuk mengikat seluruh kabel. Tapi meja ini memecahkan masalah estetika yang hilang akibat penggunaan kawaat tersebut.

Ibarat saluran air (duct), semua aliran air ditujukan ke satu talang air sehingga rumah tampak lebih indah. Mungkin seperti itu analoginya.

Biasa saja?Tergantung anda. Tidak canggih?Pasti. Solutif?Mudah-mudahan.

Jadi...

Buat yang masih kuliah terutama di kampus saya, kalo ada waktu ambil aja kedua kuliah itu. Insya Allah berguna. Kalo memang tidak ingin berurusan dengan perhitungan detail yang terdapat di kuliah Perancangan Untuk Keterbuatan, anda boleh ambil kuliah yang kedua, Kreativitas.

nb : kedua kuliah tersebut berkode depan MS. Selamat Belajar.

posted by frilo at 8:56 PM

17 Comments:

eh fril,,fril,,
daku bisa ambil mata kuliah itu ga??
bisa buat umum tak?

mau dunk,,mauuu.. =D

12:09 AM  

ambil aja..mata kuliah pilihan tingkat akhir kok..
seat in aja kalo mo trial dulu..

1:16 PM  

jd inget tugas PUK gw, bikin tempat buat naroh a*q*u*a galon.

Biasa saja? Tergantung anda. Tidak canggih?Pasti. Solutif? Mudah-mudahan.

3:29 PM  

Keren tuh mejanya.. Mau dong :)

5:32 PM  

PUK ya? hihihihi.. mantap lah itu kuliah ... boss DS masih suka sebut2 aye punya nama gak?

*promosi dikit ah, kan pernah jadi mahasiswa kesayangannya DS :D

7:36 PM  

kelupaan ... mata kuliah pilihan fril? bukannya itu mata kuliah wajib untuk konstruksi? .. atau malah dah wajib untuk semua ya? .. lupa gw...

7:38 PM  

Ok gw jawab:

@Brahmasta : bawa aja tuh gambar, trus minta dibikini di pojokan gelap nyawang - tamansari..

@Goio : bang, kalo kemaren sih Pak DS membanggakan Gentonk ('01) dengan kacang metenya..

@Goio : AFAIK, sekarang justru ga ada yang wajib..Semua pilihan..Tapi harus ber-kode MS..Takutnya kalo dibebasin semua pada ngambil Kompem n Sosin n MK ber-kode KU..hehe..

7:48 PM  

ngomongin mata kuliah PUK jadi inget kmrn tu pas lomba desain ada kelompok yang keren abis desainnya.. trus berhasil menangin uang 1jt.. anggotanya ada si george, virdy sama satu orang lagi.. siapa ya.. hmmm.. siapa yah.. Oiya gw deng..=P

4:44 PM  

Oiya kelompoknya si George emang bagus, George kan jago englishnya, trus Virddy kan tipe pekerja keras..
Nah yang satu lagi itu tipe pekerja kasarnya..hihihi

7:23 PM  

hehhee lutu meja nya. pit pesen asatu yak ;)

7:30 PM  

bukanya semester ganjil apa genap?? gw lagi nyari mata kuliah pilihan yang aneh2 dan menarik nih.. bosen gw kuliah pake kode SI mulu..

8:31 AM  

mmm... kayaknya emang menarik deh. btw, itu meja belinya dimana? :D secara gue butuh :P kekekekke...

9:24 AM  

kayaknya bisa beli di solidworks deh . . .


~chylers~
karena ga penting make anonimus aja lah

10:22 AM  

wuah..., ngomongin kul jd inget tugas kul yg lg ribet bgt niy huaaaaaa....!!!

Ayo berjuang!!!!!

7:40 PM  

@Dimas : Kreativitas sem.genap, PUK sem.ganjil..selengkapnya liat di MS aja..

@Ime : buat aja lah, ngapain beli..tapi beli papannya dulu..

9:28 PM  

Hiks .. jamanku sudah lewat :(

10:36 PM  

waduh omongannya kuliah... mentang2 udah lulus nih.. ga sopan :p

baru tau di mesin ada kuliah beginian, kirain di SR doang..

11:29 AM  

Post a Comment

<< Home