beau jeune homme

Saturday, October 14, 2006

NORTH SUMATERA

Sabtu, 14 Oktober 2006, aku lagi sendirian di lab dan disenyapkan lagu Switchfoot yang berjudul the shadow proves the sunshine. Postulat yang benar baik untuk siang atau malam. Since afaik moon don’t shine.



Tadinya mau nonton dvd movie berjudul brother. Tapi berhubung tidak bersemangat buat nonton jadinya i’m cruisin’ around this virtual world. Bla bla bla akhirnya tiba di website-nya si ibu Nadya Hutagalung. Situs yang gelap tapi membuatku terkejut bukan kepalang ketika melihat folder foto-foto tentang sumatera utara. Membuatku bertambah kagum kepada si ibu ini. You’re too damn lovely. I thought she would ignore her father’s homeland. North Sumatera..This land is so..you name it..

In a week long i’ll be there. Bukan tanah kelahiranku tapi tanah tempat aku dibesarkan. Hampir seluruh wilayahnya pernah kujamah. Hampir.

Kalau kalian adalah orang yang pemberani, Sumatera Utara adalah tempat yang indah (baca: nyaman). Tapi kalau nyali kalian hilang ketika mendengar bentakan seseorang, maka sebaiknya jangan berpikir untuk bisa berbuat banyak di sini.

This is a land for tough people.

Ada dua sisi wilayah besar di sini berdasarkan mayoritas ras penduduknya. Wilayah Batak dan Wilayah Melayu. Wilayah melayu berada di ¼ luas jam bagian kanan atas. Sementara Wilayah batak bisa dibilang adalah sisa ¾ nya. Besar tapi tidak terlalu strategis. Sebagian besar wilayah melayu berada di pesisir pantai selat malaka sementara sebagian besar wilayah batak berada di daerah pegunungan bukit barisan.

Ada juga kaum minoritas disini yang antara lain adalah dari kaum tionghoa dan india. Membuat tanah ini semakin plural.

Kalo kata pak Juwono Sudharsono, pluralism will prevail. Yeah. Here, Pluralism prevails.

Sampai akhirnya sekam itu terbakar pada 1998 ditengah kerusuhan pada bulan Mei tersebut. Salah satu ras menjadi kambing hitam. Kalo menurut hematku itu efek dari kekecewaan atas kesenjangan yang terjadi. Tapi itulah itu. It’s Over.

Sekarang tanah ini seperti tanpa nyawa, hilang arah. Menyedihkan. Serba salah. Menyedihkan bila melihat pendidikan dan kesejahteraan di sana. Bertahun-tahun tanpa kemajuan berarti.



Aku pernah berharap suatu saat nanti aku bisa memberi sesuatu buat tanah ini.
Kalo kata orang batak mah :

MARSIPATURE HUTANABE
Sekian dulu dari lab surya.

sunshine..won’t you be my mother

sunshine..come and help me sing

my heart is darker than these oceans

my heart’s frozen underneath

oh Lord why did you forsake me

oh Lord don’t be far away

storm clouds gathering beside me

please Lord don’t look the other way
posted by frilo at 10:02 PM

7 Comments:

pluralism or multiculturalism?? you cant wish for a pluralism when you still conveniently blame the economical gap for causing a riot. although economical gap plays a BIG role, I believe its the people who are still using 'tolerance' in living a multicultural life. 'tolerance'.. and not 'respect'. so now, you can tell the difference, eh?


ps: forum mana yg musti dikunjungi?

6:51 AM  

sekedar memberi tahu bahwa antara Frilo F Hutagalung SAMASEKALI TIDAK ADA HUBUNGAN KERABAT ATP APAPUN dengan Nadya Hutagalung

=p

7:22 AM  

gw bingung mada..menurut gw sih, multi cultural adl bagian dari pluralitas dari sisi cultural..betul tak?
pluralisme bagus banget kalo semua ada aturannya dan semua berdiri sama rata..
coba mada pikir kenapa metro TV nyiarin metro sin wen bukan metro berbahasa jawa?..

nb: forumnya cari sendiri aja..yah..

10:46 AM  

kalo gua boleh nebak, pasti lu masuk ke google atao situs search engine lainnya trus ngeserach 'hutagalung' ya? kenarsisanmu akan hutagalung sampai saat ini belum ada yang menandingi. hebat euy....

5:49 PM  

kurang tepat Rime..dikit lagi benar..
orang narsis disayang Tuhan..

@benx:
sekedar memberi tahu bahwa antara Frilo F Hutagalung ADA HUBUNGAN KERABAT dengan Nadya Hutagalung

@Mada: life's not that serious..take ur time pal..

12:36 PM  

Frilo.. nama yg bagus.. salam kenal ya..
btw blogmu serius sekali tampaknya

6:06 PM  

aseli nama yang bagus, dicari di google belum ada tuh yang punya nama frilo selain gw..hahahah..for sure..

2:44 PM  

Post a Comment

<< Home