beau jeune homme

Friday, January 19, 2007

john doe



hello, good morning how you do

what makes your rising sun so new

guys..
ini hari jum’at dan besok adalah weekend..jadi hari ini biasanya bakal jadi riotic day. hari yang penuh dengan kesibukan, untuk menyelesaikan semua yang seharusnya selesai sebelum weekend datang. rush hour bakal hadir setelah jum’atan dimana antrian pemakaian printer panjang banget dan bakal sering berstatus ‘run out of paper’.

saya sendiri ngga begitu disibukkan pada hari ini karena semua tugas udah selesai dan sekarang cukup santai. jadi saya mensibukkan diri dengan belajar software dan menulis artikel di blog.

jadi tadi pas saya mencoba membuat title dokumen dari suatu template, ada hal yang unik yang selama ini kita tau hal itu ngga pernah ada.

templatenya seperti ini:

title : my very first vessel v-100
code : asme viii division 1
by : john doe

dua baris pertama, ngga ada yang aneh karena hal anehnya ada di baris ketiga. dua kata yang masing-masing terdiri dari empat dan tiga huruf dan berhuruf awal j dan d.

john doe

pasti teman-teman semua pernah dengar nama ini. bukan nama yang sangat asing kalo kita sering nonton film terutama film tentang kriminal. tapi nama di atas bukan nama yang selalu diasosiasikan dengan pelaku kriminal bahkan hampir ngga pernah. john doe adalah nama yang diasosiasikan untuk orang yang tidak memiliki identitas yang jelas. biasanya dibilang : he’s a john doe.

bila seseorang dengan nama tertentu tetapi setelah di-tracking ternyata tidak ditemukan data pribadinya maka orang tersebut biasanya disebut john doe. saya sendiri belum tau john doe itu diberikan untuk pria atau wanita, tapi untuk saat ini anggap saja boleh diaplikasikan untuk keduanya.

ada sih nama buat wanitanya, yakni jane doe. tapi nama ini jarang dipublikasikan mungkin karena wanita memang lebih jelas identitasnya dibanding pria. jadi sepertinya hanya dipakai satu nama untuk keduanya.

kalo alasan-alasan kenapa harus john doe, saya kurang paham. tapi tiap negara atau daerah punya sebutan nama sendiri untuk orang yang dianggap identitasnya ngga jelas.

contohnya:
di arab, namanya menjadi si fulan. di indonesia jadi si anu. yang menarik, di daerah baltik seperti di serbia n bosnia nama sebutannya seperti nama orang sunda, memiliki pola tertentu , contohnya marko markovic, petar petrovic, sima simic, janko jankovic, pera peric. keren juga. sementara kalo di beberapa daerah di indonesia ada nama-nama seperti ucok, asep, dan lain lain.

jadi ada john doe, jane doe dan baby doe, dan komplitlah menjadi sekeluarga yang ngga jelas identitas tiap anggotanya.

out of topic. ini adalah post pertama saya yang sama sekali tidak menggunakan huruf balok atau huruf besar atau yang disebut juga huruf kapital. kalo responsnya bagus mungkin saya bakal lanjutin. kalo responsnya ngga baik, karena mungkin ada yang risih ngelihatnya, mungkin ini yang terakhir. saya rasa penulisan tanpa huruf besar terlihat lebih artistik.

another out of topic. buat yang pernah tinggal di jakarta di kamar yang tanpa pengkondisi udara, mungkin pernah mengalami apa yang saya sering alami. pasti teman-teman pernah keringatan sehabis mandi. suatu hal yang ngga diharapkan sama sekali. ketika butuh kesegaran yang datang malah keringat.

okay. see you when i see you.
regards

santiago
^_^

posted by frilo at 4:47 PM

10 Comments:

The 1st...Ga nyaman ngeliat tanpa kapital euy! Ngasi learning to breathe nya sepenggal2 setiap posting ya pak,hehe.

8:08 PM  

john doe.
kenapa john doe?
enak nyebutnya, 2 suku kata.
kayak Lucky, Lily, Potter...
Tapi kalo baby doe mah teuing ah..

abis mandi keringetan?
mandi lagi aja bos.. hehehe..
tapi kalo saiia sih kalo mandi keringetan pasti langsung ngadem di studio, AC-nya itu lhoo... hehehe.. ga ada AC? manual aja bos, kipas2 pake catetan akuntansi..

kayaknya enakan pake kapital deh.
(padahal ni comment ga pake kapital..)

12:33 AM  

kenapa john doe? kalo frillo susah untuk diucapin ama orang yg gak bisa ngomong "r" hehe...
btw, ente dulu kul di itb ye? angk berapa? jur?

5:13 PM  

Gua pertama kali denger John Doe di film '5 Sehat 4 Sempurna' (mudah2an nulisnya bener).. dia adalah artis luar negeri yang lagi manggung di Indonesia.. yang jadi bodyguardnya si Fauzi Badillah.. (basa-basi yang tralu panjang, maaf)

Baru setelah nonton itu gua tau kalo John Doa sama artinya sama 'si Anu' kalo di Indonesia.

5:20 PM  

halo mas jondoe.. kenapa klo wanita malah jane doe, bagusan juga jan da (apalagi klo ditambah akhiran beranak 3).
Numpang iklan:
kunjungi: www.arcfiga.blogspot.com
dapatkan tiket nonton bersama si piga utk 3 komener pertama..

11:46 AM  

@Deborah : okelah, tar gw pikir2 lagi mo pake kapital terus apa kagak, keknya ngga sih.

@bodhi: kalo abis mandi lagi keringatan lagi gimana donk?
yehh, tu komennya ada kapitalnya lho bos.. =P

@ichanx : bukan hanya itu, ga banyak orang yang bisa sebut nama gw sekali tembak..biasanya ngawur jadi yang aneh2..
yup, dulu kuliah di sana, teknik mesin angkatan 2001, kenapa bos??..sealmamater kah kita?

@Rime : gw malah ga nyadar di tu film ada John Doe..dibikin satu alinea lagi jg gpp Rime, monggo jeng..

@figa: wah, gw ga bisa tuh memenuhi ajakan nontonnya..aduh..conflict of interest..haiyya..uhuk2..ok tar gw visite lah tu blog..perasaan dl pernah mampir ke yang illogical..

12:25 PM  

bang,,,saya baru sadar...namamu itu lho kalo diucapin seorang mario lawalata (yang setau saya cadel huruf 'r' dan 'L')atau orang selain dia yang ga bisa ngucapin kedua huruf itu apa jadinya yah? fyiyo..fiyo..feiio..

2:45 PM  

sorry OOT..
tadi gw baru nyadar ternyata umur gw bentar lagi 23..
cepat amat..

4:12 PM  

oo gitu yak asal usul john doe. maklum klo nonton ga pernah merhatiin tuh pelem. yang penting mah nonton :p

bentar lagi 23? di posting dunk jangan di OOT di komen :D

5:47 PM  

masih lama sih, itungan bulan, bukan minggu..
tapi baru nyadar aja, udah idup 22 taun 9 bulan..
ngga kerasa banget..

12:15 PM  

Post a Comment

<< Home